Tuesday, May 26, 2009

Himalaya 2009 : Maoist Lovism and AK-47


"Sebelum trekking ke Nepal harus banyak treadmill dan berenang, untuk latihan pernafasan, agar nafas lebih ritmis di saat oksigen tipis dan yg paling penting, tidak kena serangan jantung ketika ditodong M-16 nya pemberontak Maoist..." kata teman di sebuah blog minggu lalu.

Rupanya dia baru turun dari Jiri, jalan darat menuju Everest base camp, dan saat pulang dihadang pemberontak Maoist di jalan.
Hahaha.. senasib dong sama gue. Bedanya, gue dapet AK-47 nya, bukan M-16, yah biarpun sama-sama senjata otomatis yg bisa muntah puluhan peluru sekali tekan.

Bedanya lagi, dia ditodong di Jiri (Nepal Timur), saya ditodong di Dunche (Utara). Yah biarpun sama-sama di Nepal dan sama-sama ditodong sama Maoist.
Sama nya lagi, kita sama-sama hidup, seperti kata Bob Marley, "everything just gonna be alright".

Deg-degan pasti dong... tapi dengan kepedean bahwa mereka tidak akan membunuh turis asing (kecuali pemberontaknya ada yg latah... eh salah pencet 'bo...!) then, we're just gonna be alright.
Cukup siapkan Rs.2000 setiap kali ditodong, dan kita akan bebas. Dan karena paling tidak akan ada 3 kali penodongan, maka siapkan Rs.6000! and you'll be set free...

Dan karena di Nepal tidak ada kedutaan Indonesia, maka semua risiko perjalanan adalah tanggung jawab traveler sendiri, termasuk urusan diplomatik. Tidak akan ada yg tau kalau turis Indonesia ada yg ditembak, dikarungin trus diceburin ke jurang... tidak akan ada yg peduli juga kalo kita dipenjara trus dipasung atau diasingkan ke hutan... (hmm..berlebihan!). Poin nya adalah : beli asuransi perjalanan extreme sport dengan coverage minimal US$ 1 juta include medical and emergency evacuation. Nah itu baru ada yg peduli...


Pemberontak Maoist dengan jargon Lovism (Pathways to Heaven) yg disimbolkan dengan garis melingkar2 sebagau ilustrasi hidung Buddha ternyata cukup unik dalam mengekspresikan "lovism" nya... yaitu dengan menodongkan senjata kepada kami.
Mungkin sebenernya mereka mau bilang : welcome to my country. we love you brother... but love comes with a price.... and now gimme your damn bucks!

But this place is too nice to be missed. Once in a lifetime experience. And I was a lucky one :)


PS : DON'T TELL THIS TO MY MOM

1 comment:

Paul said...

thanks for the ride with that Jeep :)